Masalah Pemasaran
·
ASPEK
PEMASARAN DALAM PENGELOLAAN USAHA
A.
MEMAHAMI SENI MENJUAL
Departemen penjualan merupakan salah satu bagian terpenting
dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga penjual yang
professional. Hal-hal yang membuat tenaga penjual itu penting dan bermanfaat
adalah sebagai berikut :
1. Tenaga penjual merupakan lokomotif
perusahaan untuk mendatangkan omzet penjualan, memberikan laba rugi
perusahaan,dan mempertahankan bisnis perusahaan agar tetap berjalan dengan
lancar
2. Lebih dari 40% perusahaan yang
bergerak di bidang jasa dan perdagangan membutuhkan tenaga penjual yang
terampil untuk membuat bisnisnya tumbuh.
3. Pendapatan yang diperoleh oleh tenaga
penjual bergantung pada omzet yang dihasilkan.
4. Sebagian besar tenaga penjual yang
hebat hanya membutuhkan ilmu dibidang lain untuk siap menduduki posisi
puncak.hampir sepertiga pimpinan perusahaan berasal dari departemen penjualan
dan pemasaran.
5. Tenaga penjual berhubungan langsung
dengan kebutuhan dan keluhan pelanggan, pasar, perubahan, persaingan, dan
peluang. Oleh karena itu, seorang tenaga penjual mempunyai informasi palinh
awal dan penting untuk dijadikan cikal bakal sebuah bisnis.
Harus pula diingat bahwa penjual itu tidak hanya menjual
produk atau bisnisnya saja, tapi juga menjual kualitas produk tersebut. Untuk
mendapatkan kualitas yang baik dari produk dan bisnis, diperlukan hal-hal
berikut.
1. Kualitas dalam pembuatan iklan,
promosi, pelayanan, pengiriman, dang pengangkutan.
2. Memerlukan komitmen total
3. Memerlukan mitra yang berkualitas
4. Harus terus disempurnakan
5. Memerlukan visi yang jauh kedepan
6. Tidak harus mahal
7. Perlu memelajari segala sesuatu
dengan sarana dan prasarana yang benar.
B.
MENETAPKAN HARGA JUAL
Sebelum menentukan harga produk dipasar perlu
mempertimbangkan faktor utama dari jenis biaya yang akan menentukan harga.
Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga adalah sebagai
berikut :
1. Biaya bahan baku dan suplainya
2. Biaya overhead
3. Biaya tenaga kerja (Labor cost)
Untuk menentukan harga jual sebuah produk, maka perlu
mengetahui total biaya(total cost) yang dibutuhkan dalam membuat produk
tersebut, yaitu :
Total cost = total
material cost+ total overhead cost+ total labor cost
Biaya total =Total
biaya bahan baku+ Total biaya Overhead+ Total biaya tenaga kerja
Penentuan
harga jual produk juga dapat ditentukan dengan 3 cara, yaitu :
1. Harga berdasarkan Harga Pasar(market
based price)
2. Harga berdasarkan Biaya (Cost Based
price)
3. Harga berdasarkan Titik Impasnya
(Break Even Point Based Price)
C.
MENGANALISIS KEPUASAN PELANGGAN
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja produk (hasil) yang bisa dirasakan dan sesuai dengan
harapannya. Metode-metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan
pelanggan adalah sebagai berikut.
1. Sistem keluhan dan saran
Bisa menggunakan formulir isian, kuisioner, uji sampel secara langsung
dengan tanya jawab pelanggan, email, dll
2. Survei kepuasan pelanggan secara
berkala
Perlu dilakukan lebih dari 1 kali survey agar diperoleh tingkat
keakuratan yang lebih baik.
3. Ghost shopping atau mystery shopper
Mempekerjakan orang untuk berpura-pura menjadi pembeli. Orang ini akan
melaporkan hal-hal positif maupun negative dari layanan serta manfaat dari
sebuat produk.
Faktor-faktor sukses keberhasilan penjual, apabila dilihat
dari sisi kepuasan konsumen/pelanggan, yaitu :
1. Konsumen selalu mencari penjual
tersebut apabila ingin membeli produk perusahaan karena merasa yakin, aman, dan
tenang.
2. Konsumen selalu ingin mendapatkan
pasokan dari penjual
3. Konsumen bisa sering berkomunikasi
secara dekat
4. Konsumen selalu berhubungan dengan
penjual tersebut jika ingin memecahkan masalah pembelian produk
5. Konsumen merasa senang bila dihubungi
oleh penjual tersebut.
6. Konsumen enggan membeli produk dari
penjual lain meskipun dari satu perusahaan yang sama
7. Semua kebutuhan ingin diberikam
kepada penjual tersebut
8. Konsumen menolak untuk bertemu dengan
penjual lain bila penjual yang dia inginkan tidak ada.
D.
PROMOSI
Ada 3 elemen
penting dari sasaran atau target sebuah promosi, yaitu :
1. Pembentukan merek (branding)
2. Layanan kepada konsumen yang berupa
komunikasi dan pemberian informasi
3. Menciptakan kesetiaan pelanggan
Promosi adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan
guna mengkomunikasikan, mengenalkan dan mempopulerkan kepada pasar sasarannya.
Ada 6 kegiatan dan rencana yang bisa dilakukan untuk mengkomunikasikan produk
dan merek usaha, yaitu sebagai berikut :
1. Penjualan personal
Penjualan personal adalah bentuk komunikasi yang menggunakan media
individu.
2. Iklan
Media sistem komunikasi ini, diharapkan calon pelanggan bisa melihat,
mendengar, membaca, mengenal, dan akhirnya tertarik dengan produk yang
diiklankan di sebuah media.
3. Promosi penjualan
Promosi penjualan terdiri dari beragam alat promosi yang dirancang untuk
mengetahui kecepatan dan kekuatan rangsangan dan respon pasar terhadap produk.
4. Publikasi
Publikasi mencakup pengaturan komunikasi masa diluar iklan dan promosi
penjualan.
5. Sponsorship
Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang
berasosiasi dengan kegiatan perusahaan lain atau kegiatan pemerintah dan
masyarakat.
6. Komunikasi ditempat konsumen akan
membeli
Bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada saat orang tersebut akan
mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.
E.
NEGOISASI
Negoisasi
adalah ketika terjadi konsesi, kesepakatan atau perjanjian dai dua orang, dua
kelompok atau dua badan hukum. Langkah-langkah yang harus dipelajari dalam
bernegoisasi diantaranya adalah sebagai berikut
1. Mengetahui keinginan pihak lain
2. Menjelaskan apabila resiko gagal
3. Menawarkan saran
4. Mewujudkan tujuan negoisasi
Agar seorang
penjual mahir bernegoisasi. Berikut beberapa taktik :
1. Meminta lebih dari yang diharapkan
2. Diawal negoisasi,jangan dulu berkata
“YA”
3. Melakukan flinch terhadap proposal
atau tawaran dari calon pelanggan.
4. Penjual bersikap seolah-olah tidak
membutuhkan
5. Kata-kata permintaan yang bijaksana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar