Sabtu, 28 Desember 2013

masalah penjualan

Masalah Penjualan
·         Tips Strategi Bisnis

Penjualan efektif diartikan sebagai keberhasilan Anda untuk menemukan pelanggan baru dan mengubah pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap yang akan dengan teratur dan terus menerus memesan barang-barang dari Anda. Sekarang sudah tiba saatnya bagi Anda untuk berbuat sesuatu untuk mendapatkan masa depan dan menciptakan bisnis yang lebih baik bagi Anda sendiri.

Penjualan yang efektif merupakan sebuah proses yang berkelanjutan, namun kami telah membuatnya menjadi langkah-langkah mudah untuk dilakukan, dengan membaginya menjadi 7 proses sederhana. Berkonsentrasilah pada usaha Anda di setiap tingkatan yang Anda lakukan. Hal itu akan membantu Anda dalam menciptakan bisnis penjualan yang berhasil, dimana Anda akan sangat bangga akan bisnis tersebut.
7 langkah tersebut adalah :
Ciptakan Kesadaran
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menciptakan kesadaran akan adanya produk-produk yang berkualitas pada klien-klien potensial yang Anda temui. Buatlah semua orang paham betul tentang produk-produk yang Anda tawarkan, tentang pelayanan mutu yang diberikan, dan juga perhatian khusus yang diberikan kepada setiap pelanggan. Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara mereka menghubungi Anda. Brosur-brosur kecil dan juga iklan-iklan yang diterbitkan adalah cara yang baik untuk menyampaikan pesan Anda.
Tingkatkan Ketertarikan
Buatlah orang-orang menjadi tertarik dan penasaran pada produk-produk yang Anda tawarkan. Bicarakan pada banyak orang tentang produk Anda. Semakin banyak Anda mempromosikan bisnis Anda melalui diri Anda sendiri, maka akan semakin banyak orang yang tertarik, yang berarti semakin besar kesempatan yang Anda miliki untuk mengubah beberapa dari orang-orang itu untuk menjadi pelanggan Anda.

Ubahlah Menjadi Keinginan
Ketika pelanggan potensial Anda memberikan perhatian kepada Anda atau pada saat Anda menjawab telepon atau permintaan tertulis, Anda perlu menciptakan suasana untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk membeli produk tersebut. Gunakan daftar petunjuk yang sederhana untuk memberikan gambaran lengkap akan rangkaian produk yang ada, terangkan produk-produk dan filososfi perusahaan kepada pelanggan Anda.
Lakukan Tindakan
Sekarang Anda telah memiliki pelanggan potensial yang tertarik pada produk tersebut, dan Anda harus mendorong mereka untuk melakukan tindakan. Doronglah mereka untuk mengubah cara hidup mereka dan berjanji untuk menggunakan produk-produk yang Anda tawarkan. Tunjukan pada mereka kisah sejati akan keberhasilan/kepuasan pelanggan lain yang telah berhasil atau mendapatkan manfaat dari produk-produk yang Anda tawarkan, yang dapat Anda pilih dari cerita-cerita kesuksesan mereka yang luar biasa. Bila pelanggan potensial Anda masih belum yakin, mereka mungkin butuh informasi atau waktu lebih untuk meyakinkan diri mereka sendiri. 
Lengkapi Produk-produk Yang Akan Anda Jual
Sekarang Anda telah memiliki pelanggan! Luangkan waktu Anda untuk menerangkan produk-produk yang mereka pesan, kapan dan bagaimana cara menggunakan produk-produk tersebut, dan bagaimana mendapatkan hasil yang terbaik yang mungkin bisa mereka dapatkan. Ingatlah untuk menyimpan catatan tentang apa dan kapan Anda menjual produk-produk tersebut kepada pelanggan Anda. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat mengulang pesanan mereka di waktu-waktu berikutnya.
Melanjutkan Mencari Pelanggan Baru
Kegiatan Anda tidak berhenti pada satu penjualan saja. Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan pelanggan baru, dengan cara meyakinkan klien tetap Anda. Ingatlah, bahwa Anda telah menjual jasa berkualitas bersamaan dengan produk yang bermutu. Buatlah para pelanggan Anda termotivasi untuk menyampaikan kepuasan mereka atas kualitas produk dan pelayanan Anda kepada orang lain yang mereka kenal. Berilah penghargaan kepada mereka pada setiap kesempatan yang ada. Investasikan sedikit waktu dan sedikit uang Anda untuk sekedar memberikan hadiah-hadiah mungil yang dapat menyenangkan hati mereka. Mereka akan lebih sering mengingat Anda, dan Andapun akan menuai hasil yang luar biasa dalam jangka panjang!

PENYELESAIAN MASALAH PENJUALAN
 Jual beli online yang makin marak beberapa tahun belakangan ini memang mengubah gaya belanja sebagian orang di Indonesia. Bukan hanya di kota besar, belanja barang secara online merambah hingga masyarakat di daerah-daerah pedesaan di seluruh nusantara. Dengan situs jual beli yang semakin berkembang, akan mempermudah siapapun untuk melakukan transaksi. Meski demikian, tak dapat dipungkiri makin banyak orang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan melalui internet dengan cara-cara yang tidak terpuji, menipu orang lain dengan kedok perdagangan atau jual beli. Orang-orang inilah yang memberikan kesan negatif pada dunia jual beli online di internet.

Berikut ulasan singkat mengenai tips dan trik serta cara-cara berbelanja secara online yang aman agar terhindar dari penipuan.

Waspadai Pedagang yang Menjual Barang dengan Harga Terlalu Murah
Kalo anda menemukan pedagang yang menjual barangnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga standar (normal) barang tersebut di pasaran, ada kemungkinan mereka adalah penipu. Biasanya mereka berdalih bahwa barang yang mereka jual adalah barang BM (Black Market). Jangan langsung percaya, ada baiknya anda pikir-pikir dulu untuk bertransaksi dengan pedagang semacam ini.

Waspadai Pedagang yang Mendesak untuk Segera Mentransfer Uang untuk Pembayaran 
Hati-hati dengan penjual yang mengharuskan anda mentransfer uang terlebih dahulu sebelum anda melihat dan mengecek kondisi barang yang mereka jual. Biasanya mereka beralasan butuh uang atau sebagainya.

Waspadai Pedagang yang Tidak Berdomisili di Daerah Anda
Selain itu, biasanya mereka juga mengaku berdomisili di luar pulau yang teramat jauh dari tempat domisili anda, sehingga tidak mungkin untuk bertemu muka untuk mengecek kondisi barang.


Usahakan Melakukan Pembayaran Secara Cash On Delivery (COD) atau Cash and Carry (CnC)
Kalau anda tinggal di kota yang sama dengan penjual, sangat disarankan anda mengajak si penjual bertransaksi secara langsung dengan temu muka atau kopi darat yang biasa dikenal dengan istilah COD (Cash On Delivery) atau Cash and Carry (CnC). Kalau si penjual menolak, waspada dan pertimbangkan masak-masak, kemungkinan dia punya niat untuk menipu anda.

Bertransaksilah Dengan Penjual yang Pernah Bertransaksi dengan Orang yang Anda Kenal
Lebih baik membeli barang di penjual yang sudah terbukti jujur bukan? Jadi, sebaiknya anda mencari referensi dulu dari rekan rekan anda, dimana mereka pernah membeli barang yang sejenis dengan barang yang sedang anda cari.

Cek Toko Online Atau Website
Website atau toko online yang dimiliki oleh seorang pedagang boleh dikatakan sebagai bukti kuat bahwa ia adalah pedagang yang dapat dipercaya, karena, banyak sekali penipu yang tidak mempunyai toko online atau situs jual beli hanya mengandalkan platform gratis seperti Facebook atau forum jual beli lainnya. Namun, itu bukan harga mati, banyak pula pedagang jujur yang hanya memanfaatkan forumjualbeli dan memang benar-benar dapat dipercaya.

Amati Penjual Melalui Forum
Meskipun ini bukan syarat mutlak, namun lama bergabungnya seseorang dalam suatu forum jual beli bisa dijadikan alasan apakah anda patut mempercayai si penjual. Selanjutnya perhatikan juga bagaimana testimonial orang-orang yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin banyak dan semakin positif testimonial yang diberikan orang, makin baik pula layanan yang ia berikan selama ini.

Manfaatkan Jasa Pihak Ketiga yang Terpercaya
Apabila anda melakukan transaksi dalam jumlah dan nilai yang cukup besar, ada baiknya anda memanfaatkan jasa perantara (pihak ketiga) semacam rekening bersama yang biasa tersedia pada forum jual beli seperti kaskus jual beli. Memang ada fee atas jasa yang mereka berikan, namun sangat sepadan dengan keamanan dan kenyamanan transaksi yang anda peroleh. Carilah referensi dari rekan rekan anda, manakah pihak penyedia layanan rekening bersama yang dapat dipercaya.

Sumber: Rich Box Edisi 13, Maret 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar